Workshop Audit Mutu Internal RSUD Jagakarsa – Jakarta

By Admin LMS Categories: Audit
Wishlist Share
Share Course
Page Link
Share On Social Media

About Course

Apa itu Audit?

Pengertian audit mutu berdasarkan SNI 19011:2018 dalam buku panduan Audit Sistem Manajemen Mutu dan/atau lingkungan sebagai berikut:

“audit mutu adalah proses sistematik, independen, dan terdokumentasi untuk memperoleh bukti audit dan mengevaluasinya secara obyektif untuk menentukan sampai sejauh mana kriteria audit dipenuhi“

Prinsip Audit

Prinsip Audit didasarkan pada sejumlah prinsip. Hal ini membuat audit menjadi alat yang efektif dan dapat diandalkan dalam mendukung kebijakan dan pengendalian manajemen serta memberikan informasi bagi organisasi untuk dapat meningkatkan kinerjanya. Ketaatan terhadap prinsip tersebut merupakan prasyarat untuk memberikan kesimpulan audit yang sesuai dan cukup serta memungkinkan auditor bekerja secara independen untuk mencapai kesamaan kesimpulan pada situasi yang serupa.

Personil yang berhak melakukan program audit harus kompeten dan tersertifikasi, untuk melakukan pekerjaan audit. Personil ini disebut Auditor. Sesuai Klausa 7.4.1 dari SNI 19-19011-2005 Auditor sebaiknya memiliki pendidikan, pengalaman kerja, pelatihan auditor dan pengalaman audit berikut:

  • Telah menyelesaikan pendidikan yang cukup untuk memperoleh pengetahuan dan  ketrampilan.
  • Memiliki pengalaman kerja yang dapat mendukung pengembangan pengetahuan dan  ketrampilan.
  • Telah menyelesaikan pelatihan auditor yang dapat memberi kontribusi pada pengembangan pengetahuan dan ketrampilan 
  • Memiliki pengalaman audit yang diperoleh dengan arahan dan panduan  dari auditor yang kompeten sebagai ketua tim audit untuk disiplin yang sama.

Berdasar hal tersebut diatas, dalam upaya menjamin Auditor Mutu yg kompeten (pengetahuan, ketrampilan dan sikap kerja) dalam mengelola dan melaksanakan audit, maka diperlukan pelatihan berbasis kompetensi di bidang Audit Mutu yang berdasarkan ISO 19011:2018.

Modus Kerja

Pelatihan yang diselenggarakan melalui jaringan Internet menggunakan media/platform pembelajaran digital yang tidak memerlukan untuk tatap muka di lokasi fisik dan dapat dilakukan dimana saja sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Penyelenggaraan full online training dilakukan sepenuhnya secara daring yang dapat terdiri dari synchronous training dan asynchronous training.

Prinsipnya pelatihan online yang dijalankan harus melalui satu manajemen pembelajaran yang utuh dan dapat diakses peserta pelatihan langsung pada websitenya. Tidak sekedar mengupload video, blog, atau menggunakan aplikasi2 video call umum seperti: whatsapp group, zoom, google meet, dsb. Namun pembelajaran online secara menyeluruh hingga mekanisme evaluasinya.
(https://bantuan.kemnaker.go.id)

Mekanisme Pembelajaran

Workshop Audit Mutu Internal dilaksanakan dalam bentuk pembelajaran hybrid (daring dan luring)  selama 4 hari, dengan pola pembelajaran workshop aktif interaktif, diskusi, roleplay praktek audit langsung di Rumah Sakit Umum Daerah Leuwiliang, bimbingan dan konsultasi serta berbasis kompentensi peserta yaitu Sikap, Pengetahuan dan Ketrampilan yang dibuktikan melalui tugas yg dikumpulkan dan sebagai syarat mengikuti ujian Profisiensi yang akan dilakukan setelah peserta menyelesaikan materi, latihan dan tugas dari modul yang ada.

Show More

What Will You Learn?

  • Pengenalan Audit Mutu Internal dalam Rumah Sakit
  • Perencanaan Audit Mutu Internal dalam Rumah Sakit
  • Pelaksanaan Audit Mutu Internal dalam Rumah Sakit
  • Penyusunan Laporan Hasil Audit Mutu Internal
  • Latihan Praktek Audit Mutu Internal
  • Pengembangan pola pikir, pola sikap, pola perilaku yang sesuai kompetensi Auditor

Course Content

Pengantar : Audit Mutu Internal dalam Pengelolaan Rumah Sakit

  • Pengantar untuk Workshop Audit Mutu Internal di Rumah Sakit

1. Participate in Quality Audits (Berpartisipasi dalam Audit Mutu)
Unit ini menjelaskan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk mempersiapkan dan berpartisipasi dalam audit mutu sebagai anggota tim audit mutu.

2. Participate in an audit process (Berpartisipasi dalam Proses Audit)
Unit kompetensi ini menjelaskan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan individu untuk berpartisipasi dalam audit, di mana individu yang bersangkutan tidak bertanggung jawab langsung dan tidak diharuskan untuk mengikuti seluruh proses formal dan terstruktur.

3. Initiate Quality Audit (Memulai Audit Mutu )
Unit ini menjelaskan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk memulai dan mengatur audit kualitas. Termasuk didalamnya tentang penilaian ruang lingkup dan tujuan audit mutu; berkomunikasi dengan auditee dan mengembangkan dan menyerahkan rencana audit yang berkualitas.

4. Lead Quality Audits ( Memimpin Audit Mutu )
Unit ini menjelaskan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk memimpin tim audit saat melakukan audit mutu. Tercakup diantaranya melakukan pertemuan masuk dan keluar; mengidentifikasi dan mengumpulkan informasi yang relevan; mengelola sumber daya tim audit; dan memberikan umpan balik kepada anggota tim audit atas kinerja yang telah dilakukan.

5. Report on Quality Audits (Melaporkan Hasil Audit Mutu)
Unit ini menjelaskan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk melaporkan hasil audit mutu dan mengambil tindakan tindak lanjut yang sesuai. Termasuk diantaranya terkait mengkompilasikan hasil audit, menyiapkan laporan untuk pemangku kepentingan terkait, dan menegosiasikan tindak lanjut dengan pemangku kepentingan terkait.

6. Manage Business Risk (Manajemen Resiko Bisnis)
Unit ini menjelaskan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk mengelola risiko bisnis dalam berbagai konteks di seluruh organisasi atau untuk unit atau area bisnis tertentu dalam pengaturan industri apa pun.

7. Conduct an Internal Audit of a Documented Program (Melakukan Audit Internal terhadap Program Terdokumentasi)
Unit ini menjelaskan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk melakukan audit internal terhadap program yang terdokumentasi.

8. Conduct an Internal Audit of The Quality System (Melakukan Audit Internal terhadap Sistem Mutu)
Unit kompetensi ini menjelaskan keterampilan dan pengetahuan untuk mempersiapkan, melaksanakan dan mendokumentasikan audit internal aspek sistem mutu laboratorium. Termasuk diantaranya terkait pelaksanaan tindakan korektif yang diidentifikasi dan peluang untuk perbaikan dan pemantauan efektivitas pada laboratorium.

9. Conduct Internal Audit (Melakukan Audit Internal)
Unit ini menjelaskan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk mengevaluasi sistem informasi dan menilai risiko organisasi sebagai bagian dari proses audit internal.

Unduh Formulir Pendukung Pelaksanaan Audit Mutu Internal
Download formulir untuk pelaksanaan praktek Audit Mutu Internal Anda di sini

Unduh Materi Referensi

Pengumpulan Tugas Pribadi
Silahkan unggah tugas pada halaman ini. Tugas boleh dikerjakan dalam kelompok tetapi unggah tugas tetap dilakukan secara individu.

Student Ratings & Reviews

No Review Yet
No Review Yet
Ask ChatGPT
Set ChatGPT API key
Find your Secret API key in your ChatGPT User settings and paste it here to connect ChatGPT with your Tutor LMS website.